Laman

Translate

Saturday, January 30, 2016

Pohon Masalah

a.       Pengertian
       Pohon masalah merupakan diagram yang menggambarkan masalah, sebab dan akibat. Ini dilakukan setelah masyarakat menyusun prioritas masalah.

Tree diagram pohon masalah adalah teknik yang digunakan untuk memecahkan konsep apa saja, seperti kebijakan, target, tujuan, sasaran, gagasan, persoalan, tugas-tugas, atau aktivitas-aktivitas secara lebih rinci ke dalam sub-subkomponen, atau tingkat yang lebih rendah dan rinci. Tree Diagram dimulai dengan satu item yang bercabang menjadi dua atau lebih, masing-masing cabang kemudian bercabang lagi menjadi dua atau lebih, dan seterusnya sehingga nampak seperti sebuah pohon dengan banyak batang dan cabang.
Tree Diagram  telah digunakan secara luas  dalam perencanaan, desain, dan pemecahan masalah tugas-tugas yang kompleks. Alat ini biasa digunakan ketika suatu perencanaan dibuat, yakni untuk memecahkan sebuah tugas ke dalam item-item yang dapat dikelola (manageable) dan ditugaskan (assignable). Penyelidikan suatu masalah juga menggunakan tree diagram untuk menemukan komponen rinci dari setiap topik masalah yang kompleks. Penggunaan alat ini disarankan jika risiko-risiko dapat diantisipasi tetapi tidak mudah diidentifikasi.

b.      Manfaat
1)        Masalah dapat dipecah menjadi potongan-potongan yang lebih. dapat diatur dan didefinisikan.
2)        Untuk lebih mengerti masalah dan seringkali menghubungkan sebab-sebab yangberlawanan.
3)        Untuk mengidentifikasi isu dan pendapat yang mendukung, dan menolong orang yang berperan pada setiap tahap dan proses.
4)        Mengetahui isu saat ini, isu yang lampau, semuanya dapat teridentifikasi. prosesanalisis seringkali membantu untuk membangun rasa untuk membagi pengertian, tujuan dan langkah selanjutnya.

a.       Metode
Metode pohon masalah adalah metode perencanaan berdasarkan kebutuhan. Analisis pohon masalah diikuti dengan perencanaan proyek yang aktual. Secara teknis, pembuatan pohon masalah terbagi menjadi dua yakni
1)      identifikasi dan formulasi masalah
2)      Menyusun hubungan sebab akibat

b.      Langkah-langkah
1)      Pastikan kepada masyarakat masalah apa yang akan dianalisis
2)      Berikan contoh untuk membedakan masalah, sebab dan akibat
3)      Gambarkan sebuah pohon besar di papan tulis. Jangan menggambar cabang atau akarnya.
4)      Masalah ditulis di batang pohon tersebut.
5)      Biarkan peserta berpikir tentang sebab dari masalah dengan pertanyaan
Prosedur lainya bisa dilakukan dalam pembuatan pohon masalah (tree diagram) yaitu sebagai berikut
1)      Buat draft pernyataan sasaran (goal statement)
Buat suatu pernyataan sasaran, proyek, rencana, masalah, atau persoalan lain yang sedang diselidiki. Tulis persoalan tersebut pada bagian paling atas (untuk tree diagram vertikal) atau pada bagian paling kiri (untuk tree diagram horizontal).
2)      Buat team yang tepat
Team harus terdiri dari dari orang-orang yang mampu berpikir analitis (bukan kreatif), dan harus memiliki pengetahuan rinci terkait topik sasaran yang sedang dibahas termasuk keahliannya dalam memecah masalah ke tingkat yang lebih rinci. Idealnya ukuran team berkisar antara 4-6 orang.
3)      Buat sub-sub sasaran
Lakukan curah pendapat (brainstorming) untuk membuat batang pertama tree diagram. Hal ini berarti membuat rencana aksi (action plan) apa pada tingkat/level pertama agar pernyataan sasaran dapat tercapai. Terus ulangi hal ini pada level-level berikutnya yang lebih rinci sampai mendapatkan elemen fundamental seperti: tindakan spesifik yang dapat ditugaskan, komponen yang tidak dapat dibagi lagi, akar penyebab, atau sampai team mencapai batas keahlian mereka.

4)      Lakukan peninjauan
Lakukan pemeriksaan secukupnya sesuai dengan yang dibutuhkan pada setiap level, gunakan pertanyaan-pertanyan seperti berikut:
·         Apakah ada hal-hal yang terlupakan?
·         Apakah item pada setiap level telah cukup menjelaskan level diatasnya?
·         Apakah item pada setiap level memang benar-benar perlu dilakukan untuk level diatasnya?
·         Apakah tugas-tugas yang dihasilkan mengarah pada pencapaian sasaran.
Gambar Pohon Masalah

No comments:

Post a Comment