Laman

Translate

Tuesday, February 2, 2016

DIAGRAM VENN KEBIDANAN KOMUNITAS

Diagram venn atau diagram set merupakan diagram yang menunjukkan semua kemungkinan hubungan logika dan hipotesis diantara kelompok benda / objek. Sebagai bagian ilmu matematika, diagram venn ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1880 oleh john venn untuk menunjukkan hubungan sederhana dalam topik – topik dibidang logika. 

Teknik ini bertujuan untuk melakukan kajian terhadap hubungan antar masyarakat dengan lembaga-lembaga yang terdapat di lingkungannya.
Hasil kajian dituangkan dalam diagram Venn (diagram lingkaran) yang akan menunjukkan besarnya manfaat, pengaruh dan dekatnya hubungan suatu lembaga dengan masyarakat.
Informasi yang dikaji adalah:
§ Lembaga secara umum: semua lembaga dalam masyarakat (lembaga-lembagan local/tradisional, lembaga pemerintah, lembaga swasta, maupun lembagan yang berada di luar masyarakat desa seperti puskesmas di kecamatan yang memiliki hubungan dengan mereka.
§  Lembaga-lembaga khusus seperti lembaga kesehatan, pertanian, dsb, tergantung kebutuhan.
§  Tanyakan kepada masyarakat pelayanan kesehatan apa yang tersedia di lingkungan mereka.

Gunakan simbol/warna yang berbeda untuk masing-masing pelayanan kesehatan.

Lakukan analisis bagaimana hubungan masyarakat dengan pelayanan kesehatan, maka pertanyaan-pertanyaan berikut bisa diajukan: Apakah warga miskin mempunyai akses terhadap pelayanan kesehatan tersebut? Apakah perempuan mempunyai akses terhadap pelayanan kesehatan tersebut? Siapa yang memimpin dan mengambil keputusan dalam pelayanan kesehatan tersebut? Apakah ada warga yang memimpin kegiatan pada lembaga tersebut? Apakah ada perempuan yang terlibat dalam pengambilan keputusan

Contoh (sumber: http://www.slideshare.net/danacungkring/diagram-venn-36498852)
JUDUL DAN KETERANGAN
Topik           : Manfaat dan Pengaruh Lembaga/organisasi terhadap Masyarakat
Tenik PRA yang di gunakan : Diagram venn
Fasilitator               : Sukma Atmaja Wanirat Wahyu Nur Kuncoro
Peserta diskusi         : Bp. Suratin Bp. Ngatijan

CATATAN PROSES DISKUSI
Bersama Bp. Suratin, Kepala Desa Bendungan, Bp. Ngatijan salah satu Kepala Dusun, dan dengan berbekal data profil desa Bendungan, kami membuat diagram venn tentang lembaga/organisasi yang terdapat di desa Bendungan.

Dari data profil desa dan informasi yang kami dapat dari Bp. Kepala desa dan warga kami mendapat informasi bahwa di desa Bendungan tersebut terdapat Posyandu, PKK, Kelompok Tani, Bidan, Majlis Taklim, MI, PAUD, TK dan Pemerintah Desa yang masing-masing memiliki pengaruh dan manfaat terhadap warga desa Bendungan.
Pemerintah desa tersebut tidak terlalu besar manfaatnya bagi masyarakat dan agak jauh dengan masyarakat.

Posyandu tersebut memiliki manfaat lebih besar dari pemerintah desa, dan pengaruhnya lebih besar daripada pemerintah desa. Majlis taklim mempunyai manfaat yang besar mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap masyarakat.
PKK mempunyai manfaat yang kecil dan pengaruhnya terhadap masyarakat kecil. MI (Madrasah ibtidaiyah) di desa Bendungan memiliki manfaat dan pengaruh yang kecil bagi masyarakat.

TK (Taman Kanak – Kanak) di desa Bendungan memiliki manfaat dan pengaruh yang kecil bagi masyarakat. PAUD di desa Bendungan memiliki manfaat dan pengaruh yang kecil bagi masyarakat. Bidan desa memiliki pengaruh dan manfaat yang kecil.

Dan yang terakhir adalah kelompok tani, kelompok tani memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat, karena masyakat disini banyak yang berprofesi sebagai petani. Namun kelompok tani tersebut pengaruhnya peling kecil daripada lembaga atau organisasi masyarakat yang lain yang terdapat di desa Bendungan ini.

PENJELASAN RINCI DIAGRAM VENN
Di desa Bendungan terdapat beberapa lembaga atau organisasi masyarakat, diantaranya PKK, posyandu, kelompok tani, majlis taklim, MI, PAUD, TK, bidan dan pemerintah desa. Pemerintah desa tersebut tidak terlalu besar manfaatnya bagi masyarakat dan jauh dengan masyarakat. PKK tersebut memiliki manfaat lebih kecil dari pemerintah desa dan pengaruhnya lebih kecil daripada pemerintah desa.

No comments:

Post a Comment